Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERSAHABATAN DAN KERENDAHAN HATI DENGAN PEMAAFAN PADA REMAJA (Studi pada Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru)

Syahrin Munalisa, - (2021) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERSAHABATAN DAN KERENDAHAN HATI DENGAN PEMAAFAN PADA REMAJA (Studi pada Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERSAHABATAN DAN KERENDAHAN HATI DENGAN PEMAAFAN PADA REMAJA (Studi pada Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru) Oleh : Syahrin Munalisa Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Abstrak Kebutuhan akan interaksi interpersonal diperlukan manusia, tidak terkecuali pada usia remaja. Dalam menjalin interaksi dengan orang lain, tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya konflik. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar hubungan yang renggang kembali membaik adalah dengan melakukan pemaafan. Kualitas persahabatan dan kerendahan hati merupakan faktor yang mempengaruhi pemaafan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan kualitas persahabatan dan kerendahan hati dengan pemaafan pada remaja yang berstatus sebagai mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 352 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala kualitas persahabatan, skala kerendahan hati, dan skala pemaafan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi Spearman. Hasil analisis menunjukkan hubungan yang signifikan antara kualitas persahabatan dengan pemaafan pada mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,146 dengan signifikan sebesar 0,006. ini berarti semakin tinggi kualitas persahabatan maka semakin tinggi pemaafan pada mahasiswa. Sementara itu, kerendahan hati dan pemaafan pada mahasiswa juga menunjukkan hubungan yang signifikan sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,335. Hal ini berarti tinggi rendahnya kerendahan hati pada mahasiswa juga berkaitan dengan pemaafan. Kata kunci: Kualitas persahabatan, kerendahan hati, pemaafan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:55
Last Modified: 12 Jul 2021 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50816

Actions (login required)

View Item View Item