Alfiandri Neldi, - (2021) PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SULIKI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Alfiandri Neldi, (2021): Pengaruh Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suliki Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Self-Efficacy terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suliki. Jenis penelitian ini adalah survey. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suliki, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh Self-Efficacy terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suliki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang berjumlah 135 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang siswa kelas XII IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suliki. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase dan menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self-Efficacy di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suliki dikategorikan sangat baik yaitu dengan persentase 82,96%, sedangkan hasil belajar siswa tergolong belum baik yaitu mencapai rata-rata sebesar 63,8. Berdasarkan analisis data bahwa Self-Efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suliki yang terbukti dari nilai thitungttabel (8,557 1,984) dengan nilai signifikansi kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti Hα diterima Ho ditolak. Hal ini dilihat dari persentase sumbangan pengaruh Self-Efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suliki sebesar 42,8%, sedangkan sisanya 57,2% (100% - 42,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Self-Efficacy, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jun 2021 04:58 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 04:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49661 |
Actions (login required)
View Item |