Nurbaiti (2014) STRATEGI EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 094 TEMBILAHAN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (36kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Inti dari proses pendidikan secara umum adalah guru mengajar, sedangkan inti dari proses pengajaran itu pada hakikatnya adalah siswa belajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru memerlukan adanya strategi. Strategi pembelajaran pada dasarnya adalah tindakan nyata dari guru atau merupakan praktek guru melaksanakan pembelajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efisien. Salah satu strategi yang dapat dilakukan guru adalah strategi ekspositori. Di antara mata-mata pelajaran atau bidang studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 094 Tembilahan Indragiri Hilir adalah mata pelajaran Fiqih. Salah satu bentuk tuntutan profesionalisme guru Fiqih adalah mampu melaksanakan strategi pembelajaran dalam mata pelajaran Fiqih untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi ekspositori dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah 094 Tembilahan Indragiri Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Fiqih di Madrasah Tsanawiyah 094 Tembilahan Indragiri Hilir. Sedangkan objeknya adalah pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 094 Tembilahan Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Fiqih yang berjumlah 2 orang, karena populasinya sedikit, maka penulis tidak mengadakan penarikan sampel. Untuk memperoleh data dari lapangan penulis menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian penulis menganalisanya. Adapun teknik analisa data yang digunakan ialah deskriftif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 094 Tembilahan Indragiri Hilir tergolong BAIK. Secara kuantitatif persentase diperoleh skor 74%. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi ekspositori dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah 094 Tembilahan Indragiri Hilir adalah faktor guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 17 May 2016 04:09 |
Last Modified: | 17 May 2016 04:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4940 |
Actions (login required)
View Item |