Sri Wahyuni (2014) PENERAPAN NOMINAL GROUP TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PULAU RAMBAI KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 018 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar Melalui Penerapan Nominal Group Technique. Yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 018 Pulau Rambai, sedangkan objek penelitian ini adalah Penerapan Nominal Technique dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri 018 Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Group Kampar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, hasil belajar IPS sebelum dilakukan tindakan siswa yang mencapai KKM hanya 9 orang dengan persentase (45%) setelah siklus ke I terjadi penurunan jumlah siswa yang benilai di bawah KKM dan peningkatan siswa yang bernilai di atas KKM yaitu mencapai 12 orang dengan persentase (60%). Siklus ke II siswa yang mencapai KKM 14 orang (70%). Dan siklus ke III siswa yang mencapai KKM 19 orang (95%). Dari data ini menunjukkan bahwa melalui Penerapan Nominal Group Technique dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 018 Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kamparartinya apabila Penerapan Nominal Group Technique dilaksanakan secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 16 May 2016 17:20 |
Last Modified: | 16 May 2016 17:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4921 |
Actions (login required)
View Item |