Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kec. Gunung Toar, Kab. Kuantan Singingi.

Miki Sanjaya (2019) Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kec. Gunung Toar, Kab. Kuantan Singingi. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Tesis FULL kecuali BAB IV_MIKI SANJAYA_001.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text
Tesis BAB IV_MIKI SANJAYA_001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Studi pendahuluan yang penulis lakukan menunjukan bahwa Pondok Pesantren Nurul Islam pada untuk tahun ajaran ini mengalami peningkatan jumlah santri yang signifikan, dari tahun ajaran sebelumnya yang semula hanya 370 santri menjadi 434 santri. artinya terjadi peningkatan sekitar l8%, padahal pada tahun sebelumnya terjadi penurunan. Hal ini tentu tidak terlepas dari manajemen pelayanan yang dilakukan oleh pimpinannya. Untuk itu penulis ingin membuktikann hipotesis itu dengan sebuah penelitian dengan judul Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan terhadap Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kec. Gunung Toar Kab. Kuantan Singingi. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : (l) Bagaimana Manajemen Pondok Pesantren Nurul Islam dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Santri dan (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi Manajemen Pondok Pesantren Nurul Islam dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Santri. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen dilakukan dengan menerapkan fungsi perencanan, pengorganiasasian, pelaksanaan dan pengawasan, serta evaluasi dengan kata lain bisa dikatakan manajemen dalam peningkatan mutu pelayanan santri dilakukan dengan baik. Adapun yang menjadi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan terhadap Santri, mancakup : pola kepemimpinan, kerja sama, peran serta wali santri dan masyarakat, pembiayaan dan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 28 May 2021 07:00
Last Modified: 28 May 2021 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48817

Actions (login required)

View Item View Item