Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM HAK PELAYANAN KESEHATAN LANSIA DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN MAQÂṢID AL SYARÎ`AH (Studi Penelitian Di Kota Pekanbaru)

M. Sulaiman Ridwan, - (2021) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM HAK PELAYANAN KESEHATAN LANSIA DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN MAQÂṢID AL SYARÎ`AH (Studi Penelitian Di Kota Pekanbaru). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. JUDUL.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SCAN PENGESAHAN.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
9. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Sulaiman Ridwan (2021) : Implementasi Perlindungan Hukum Hak Pelayanan Kesehatan lansia Dalam Perspektif Hukum Positif Dan Maqâṣid al Syarî`ah (Studi Penelitian Di Kota Pekanbaru) Hak pelayanan kesehatan lansia menjadi kebutuhan hak dasar bagi lansia yang telah dilindungi oleh UU No. 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan lansia Pasal 5 ayat (2) butir (b), dan memiliki legitimasi kuat dalam ajaran Islam sesuai dengan konsep Maqâṣid al Syarî`ah. Keberadaan lansia sebagai warga negara senior dan anggota keluarga yang paling tua menjadikannya rentan untuk mengalami diskriminasi dan pengabaian hak – haknya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi perlindungan hukum hak pelayanan kesehatan lansia di Kota Pekanbaru, dan menjelaskan pelaksanaan ideal perlindungan hukum bagi lansia dalam bidang hak pelayanan kesehatan serta dampaknya dalam perspektif hukum positif dan maqâshid al syarîah. Untuk mengkaji hal tersebut di atas, dilakukan penelitian dalam bentuk preskriptif analitis dengan pendekatan yuridis normatif dan pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian adalah Kota Pekanbaru dengan sasaran sejumlah instansi terkait yang relevan dengan variabel masalah yang diteliti. Informan sebanyak 15 orang dan responden sebanyak 150 orang. Alat pengumpulan data primer adalah kuesioner, pedoman wawancara, check list, dan studi dokumen. Data sekunder dikumpulkan melalui studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum hak pelayanan kesehatan lansia di Kota Pekanbaru belum terlaksana. Pemerintah Kota Pekanbaru sebagai penyedia layanan kesehatan lansia belum memiliki perhatian serius dan skala prioritas, baik dari segi perencanaan, pendanaan, dan ketersediaan SDM yang responsif terhadap fenomena hak pelayanan kesehatan lansia. Prinsip Hak Asasi Manusia (HAM) dan mengutamakan hifdz al nafs (perlindungan jiwa) dalam perlindungan lima hak dasar manusia (al kulliyyât al khamsah) sebagai konsep Maqâṣid al Syarî`ah merupakan landasan utama sebagai implementasi ideal terhadap perlindungan hukum hak pelayanan kesehatan lansia, sehingga kelompok lansia dapat menikmati pelayanan kesehatan secara adil, tanpa diskriminasi dan dapat meningkatkan kualitas hidupnya secara bermartabat Kata Kunci : lansia, hak pelayanan kesehatan, Hak Asasi Manusia

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 21 May 2021 00:09
Last Modified: 21 May 2021 00:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48714

Actions (login required)

View Item View Item