Diani Fathiyya Ramadhan, - (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE AND OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 023 PANDAU JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN DIANI FATHIYYA RAMADHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (769kB) |
Abstract
ABSTRAK Diani Fathiyya Ramadhan, (2021): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik pada tema 6 panas dan perpindahannya melalui penerapan metode inside and outside circle kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Pandau Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi peserta didik diantaranya peserta didik kurang mampu menyampaikan informasi secara baik terkait materi yang disampaikan oleh guru, peserta didik kurang mampu mendiskusikan informasi yang di dapat mengenai materi yang di ajarkan terhadap kelompoknya dan kurang mampu menyimpulkan informasi yang telah di dapat dari berbagai sumber dengan baik pada saat penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini guru dan peserta didik kelas V, serta objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode inside and outside circle untuk meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode inside and outside circle dapat meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai keterampilan komunikasi peserta didik rata-rata mencapai 60,93 dengan ketuntasan klasikal 30,76% pada kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I keterampilan komunikasi peserta didik meningkat dengan rata-rata 74,23 dengan ketuntasan klasikal 61,53% pada kategori baik. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II keterampilan komunikasi peserta didik meningkat dengan rata-rata 88,01 dan ketuntasan klasikal 84,61% dengan kategori sangat baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode inside and outside circle pada tema panas dan perpindahannya dapat meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik di kelas V Sekolah Dasar Negeri 023 Pandau Jaya Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Metode Inside and Outside Circle, Keterampilan Komunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 07:55 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 07:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48558 |
Actions (login required)
View Item |