Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V (LIMA) MI AMANATUL UMMAH BELAKANG PADANG KOTA BATAM

Nurdiati (2014) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V (LIMA) MI AMANATUL UMMAH BELAKANG PADANG KOTA BATAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dikelas V MI Amanatul Ummah Belakang Padang Kota Batam. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan Keaktifan Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan alat Peraga pada Siswa Kelas V MI Amanatul Ummah Kota Batam, pada materi Energi dan Perubahannya. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 13 orang, siswa laki-laki sebanyak 6 orang, dan siswa perempuan sebanyak 7 orang. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah, Peningkatan Keaktifan Belajar dengan Menggunakan alat Peraga pada siswa kelas V MI amanatul Ummah Belakang Padang kota Batam pada materi Energi dan Perubahannya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I dan II pada siklus I keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Cukup Tinngi” dengan skor 327 berada pada rentang 294-391. Adapun persentase keaktifan belajar pada siklus I masih mencapai 63% atau belum mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan dalam penelitian, sedangkan pada siklus II, Keaktifan Belajar Siswa berada dalam klasifikasi “Tinggi” dengan skor 424 berada pada rentang 392-490, adapun persentase keaktifan siswa pada siklus II mencapai 81,5% atau telah mencapai 75% sebagai keberhasilan penelitian. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan Menggunakan Alat Peraga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi Energi dan Perubahnnya di kelas V MI Amanatul Ummah Belakang Padang Kota Batam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 May 2016 23:47
Last Modified: 13 May 2016 23:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item View Item