KUALITAS TES PILIHAN GANDA UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 PEKANBARU

Devi Noviyanti, (2014) KUALITAS TES PILIHAN GANDA UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas tes pilihan ganda dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas tes pilihan ganda ujian semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Subjek penelitian untuk analisis butir soal secara kualitatif adalah satu eksamplar yang terdiri dari 50 butir soal dan untuk analisis butir soal secara kuantitatif adalah lembar jawaban siswa pada tes semester ganjil tahun pelajaran 2013/ 2014, sedangkan objek penelitian ini adalah kualitas tes pilihan ganda ujian semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan program Anates versi 4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tes pilihan ganda dari analisis kuantitatif memiliki validitas tinggi (adanya korelasi positif yang signifikan antara skor item dengan skor totalnya); reliabilitas tinggi (r ≥ 0,70); tingkat kesukaran mudah (P > 0,70); daya beda baik (0,40 – 1,00); efektifitas pengecoh efektif (efektif jika minimal dapat mengecoh 5% dari jumlah seluruh peserta tes), dan dari analisis kualitatif sudah sesuai dengan soal standar tetapi perlu perbaikan pada aspek konstruksi. Hasil ini juga diperkuat dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas tes pilihan ganda ujian semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas tes pilihan ganda adalah pengembangan tes hasil belajar, kemampuan siswa, dan pengawasan dari guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 May 2016 23:42
Last Modified: 13 May 2016 23:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4830

Actions (login required)

View Item View Item