Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR EGERI 028 KUBANG JAYA KABUPATEN KAMPAR

Rahmy Fadilla Irman, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR EGERI 028 KUBANG JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

Rahmy Fadilla Irman, (2021):PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR EGERI 028 KUBANG JAYA KABUPATEN KAMPAR Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 028 Kubang Jaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pair check. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas IV SDN 028 Kubang Jaya tahun pelajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah model kooperatif pair check dan kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksankan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data sebelum tindakan 3 orang siswa atau 17% berada pada kategori pemahaman baik, 2 orang siswa atau 11% berada pada kategori pemahaman cukup, dan 13 orang siswa atau 72% berada pada kategori pemahaman kurang. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pair check. Pada siklus I kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ada peningkatan, 9 orang siswa atau 50% pada kategori pemahaman baik, 7 orang siswa atau 39% pada kategori pemahaman cukup dan 2 orang siswa atau 11% pada kategori pemahaman kurang. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ada peningkatan, yaitu 8 orang siswa atau 44% pada kategori pemahaman baik sekali, 8 orang siswa atau 44% pada kategori pemahaman baik dan 2 orang siswa atau 11% pada kategori pemahaman cukup. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mencapai target keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif pair check dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Pair Check dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:38
Last Modified: 19 Apr 2021 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48179

Actions (login required)

View Item View Item