PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF FORMASI REGU TEMBAKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON KELAS X DI PONDOK PESANTRENDAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Rizki Hayati Putri, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF FORMASI REGU TEMBAKUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON KELAS X DI PONDOK PESANTRENDAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang pada pokok bahasan Hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang melalui penerapan strategi pembelajaran aktif Formasi Regu Tembak pada pokok bahasan Hidrokarbon. Penelitian ini dengan rancangan pretes dan postes, dengan jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas Xb (eksperimen) berjumlah 33 dan kelas Xc (kontrol) berjumlah 31. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu reaksi reduksi dan oksidasi, pretes dan postes sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,1 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus N-gain, dimana didapatkan N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,71 yang termasuk kategori tinggi dan N-gain hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 0,44 yang termasuk kategori sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 May 2016 16:08
Last Modified: 13 May 2016 16:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item View Item