Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE OVERVIEW, KEY IDEAS, READ, RECORD, RECITE, REVIEW DAN REFLECT (OK5R)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IVASEKOLAH DASAR NEGERI 006 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Ina Yati, - (2021) PENERAPAN METODE OVERVIEW, KEY IDEAS, READ, RECORD, RECITE, REVIEW DAN REFLECT (OK5R)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IVASEKOLAH DASAR NEGERI 006 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ina Yati, (2021): Penerapan Metode Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review dan Reflect untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar melalui penerapan metode overview, key ideas, read, record, recite, review dan reflect. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan yang dibaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode overview, key ideas, read, record, recite, review dan reflect dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan membaca pemahaman siswa dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode overview, key ideas, read, record, recite, review dan reflect dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum tindakan hanya mencapai ratarata 58,42 dengan ketuntasan klasikal 42,85% atau tergolong kurang baik. Setelah menerapkan metode overview, key ideas, read, record, recite, review dan reflect pada siklus I hasil kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata 72,28 dengan ketuntasan klasikal 66,66% atau tergolong cukup baik. Pada siklus II hasil kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata 81,23 dengan ketuntasan klasikal 85,71% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode overview, key ideas, read, record, recite, review dan reflect dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review dan Reflect, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Apr 2021 03:36
Last Modified: 05 Apr 2021 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47872

Actions (login required)

View Item View Item