Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswapada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Nurul Hidaya, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswapada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Hidaya (2021): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswapada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema panas dan perpindahannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media visual dikelas VA Sekolah Dasar Negeri 001 Air Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahamansiswa diantaranya siswa kurang mampu menentukan ide pokok setiap paragraf dari teks bacaan, siswa kurang mampu menyusun pertanyaan atau jawaban yang berkaitan dengan isi teks, siswa kurang mampu membuat kesimpulan isi teks bacaan yang dibacanya, dan siswa kurang mampu menemukan amanat yang terkandung dalam teks bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan 24 orang siswa kelasVA Sekolah Dasar Negeri 001 Air Tiris. Objek dalam penelitian ini adalah model numbered head together berbantuan media visual dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model numbered head together berbantuan media visual dapat meningatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 61,42 atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media visual pada siklus I, kemampuan membaca pemahaman siswa sedikit meningkat dengan rata-rata 83,04 atau berada pada kategori cukup. Pada siklus II, rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa semakin meningkat yaitu 92,33 dengan kategori sangat baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model numbered head together berbantuan media visual pada tema panas dan perpindahannya dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VA Sekolah Dasar Negeri 001Air Tiris. KataKunci: Model Numbered Head Together Berbantuan Media Visual, Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:25
Last Modified: 30 Mar 2021 05:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47755

Actions (login required)

View Item View Item