Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Cita-citaku di Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Nurul Hidayah, - (2021) Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Cita-citaku di Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Hidayah, (2021): Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Cita-citaku di Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatan kemampuan kerjasama siswa pada tema Cita-citaku di Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama siswa dikarenakan masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 orang siswa kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris. Sedangkan objeknya adalah penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan hanya mencapai 55,64% atau masih tergolong kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 81,70% atau masih tergolong kategori cukup. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90,45% atau tergolong kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tema Cita-citaku di Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 001 Airtiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Penerapan, Model Kooperatif tipe Jigsaw, Kemampuan Kerjasama Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:08
Last Modified: 30 Mar 2021 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47754

Actions (login required)

View Item View Item