Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Ninda Junita Sari, - (2021) Penerapan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ninda Junita Sari, (2021): Penerapan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode brainstorming yang dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema panas dan perpindahannya di kelas VA Sekolah Dasar Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 siswa VA Sekolah Dasar Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode brainstorming dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan metode brainstorming dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Hal ini dapat dilihat pada sebelum tindakan hasil kemampuan mengemukakan pendapat siswa hanya mencapai 60,10 atau masih tergolong kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat menjadi 70,65 atau tergolong cukup. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82,15 atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode brainstorming dapat meningkat kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema panas dan perpindahannya di kelas VA Sekolah Dasar Negeri 006 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:53
Last Modified: 30 Mar 2021 04:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47752

Actions (login required)

View Item View Item