PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 20 PEKANBARU

Kodri, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru antara siswa yang diterapkan Strategi pembelajaran inquiry dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru antara siswa yang diterapkan strategi pembelajaran inquirydan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 364 siswa yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan strategi pembelajaran inquiry dan VIII.7 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru sebagai variabel terikat dan penerapan strategi pembelajaran inquirysebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, dan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas empat kali pertemuan dengan diterapkan strategi pembelajaran inquiry dan dua pertemuan untuk mengadakan pretestposttest. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru antara siswa yang diterapkan strategi pembelajaran inquiry dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari uji tes-t didapat sebesar 3,55 yang lebih besar dari ttable baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 1,99 dan 2,64. Dari perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Strategi pembelajaran inquiryberpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 20:33
Last Modified: 11 May 2016 20:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4752

Actions (login required)

View Item View Item