PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OPCO-OP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 18 PEKANBARU

Dian Maya Sari, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OPCO-OP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 18 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 268 siswa yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan VII.B sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Kemampuan Berpikir Kritis matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru sebagai variabel terikat dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Pekanbaru antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari uji tes-t di dapat sebesar 4,58 yang lebih besar dari ttable yaitu 2,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 20:15
Last Modified: 11 May 2016 20:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item View Item