Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru

Miptahul Jannah, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM IAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Miptahul Jannah, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 12 orang siswa kelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru, dan objeknya adalah model pembelajaran creative problem solving dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan dalam setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi, sementara teknik anlisisnya menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa pada pelajaran IPA sebelum tindakan hanya mencapai 60,4 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa meningkat menjadi 75,20, atau berada pada kategori cukup. Kemudian setelah dilakukan kembali tindakan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa kembali meningkat menjadi 83,12 dan sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran tematik dikelas V SDIT Al-Fityah Pekanbaru. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Creative Problem Solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:13
Last Modified: 05 Mar 2021 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47396

Actions (login required)

View Item View Item