Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH FAKTOR PERSONAL DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA CALON SARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU TAHUN AKADEMIK 2018

JASMAR (2019) PENGARUH FAKTOR PERSONAL DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA CALON SARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU TAHUN AKADEMIK 2018. Thesis thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Tesis Full kecuali BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
Tesis BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)

Abstract

Kewirausahaan dipercaya sebagai sebuah solusi nyata untuk mengurangi tingginya angka pengangguran pada masyarakat termasuk bagi para lulusan perguruan tinggi, selama enam tahun belakangan ini tercatat angka pengangguran untuk tingkat sarjana selalu mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan kurangnya kompetensi dan skill yang dimiliki sesuai dengan yang dibutuhkan dunia kerja, rendahnya mutu perguruan tinggi dan akibat lulusan sarjana yang cenderung terlalu banyak memilih pekerjaan termasuk rendahnya minat para lulusan sarjana untuk berwirausaha. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk faktor personal dan lingkungan sosial. Penelitian ini dilakukan pada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor personal dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha calon sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau tahun akademik 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Program strata satu yang terdaftar di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan kriteria semester tujuh keatas yang telah memulai kegiatan menyusun tugas akhir dengan teknik pengambilan sample aksidental sampling. Analisis data digunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisa regresi linier berganda dibantu alat analisis Statistikal Product and Service Solution for Windows version 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh faktor personal terhadap minat berwirausaha, pengaruh lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha dan pengaruh faktor personal dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha calon sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau tahun akademik 2018 adalah positif dan signifikan. Minat calon sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau tahun akademik 2018 termasuk dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 50% namun calon sarjana tidak akan memulai langsung untuk berwirausaha setelah menyelesaikan perkuliahan dimana sebesar 89% akan bekerja terlebih dahulu, Dari sisi faktor personal calon sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menunjukkan bahwa rata-rata sebesar 58.75% mahasiswa mengaku tidak memiliki sikap kewirausahaan. Dari faktor lingkungan sosial yang sangat mempengaruhi minat berwirausaha adalah dari orang tua yang mengarahkan untuk bekerja bukan untuk berwirausaha sebesar 73.5%. Sehingga berdasarkan hasil penelitian ini untuk menumbuhkan minat berwirausaha calon sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau diperlukan tenaga pengajar kewirausahaan yang juga praktisi dalam bidang kewirausahaan dan berkomitmen untuk meningkatkan dan menumbuhkan sikap kewirausahaan mahasiswa disertai dukungan orang tua mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 26 Feb 2021 16:03
Last Modified: 26 Feb 2021 16:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47389

Actions (login required)

View Item View Item