PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI DI KELAS X SMA N 12 PEKANBARU

Yongki Wiradinata, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI DI KELAS X SMA N 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan stoikiometri di kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest dengan jumlah populasi sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, dokumentasi, observasi, pretest dan posttest sebagai data akhir. Untuk mengetahui homogen atau tidaknya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan uji varians, dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,88 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa yang dilihat dari perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 77,43 dan kontrol 69,24. Dilihat dari perbedaan nilai posttest kedua kelas dapat menunjukan terjadinya peningkatan prestasi belajar dengan nilai rata-rata gain ternomalisasi (N-gain) kelas eksperimen sebesar 0,73 yang termasuk kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,63 termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 19:59
Last Modified: 11 May 2016 19:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4737

Actions (login required)

View Item View Item