PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Reni Warniati, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar kimia siswa yang masih rendah pada tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih setelah dilakukan uji homogenitas. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes homogenitas, evaluasi, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Adanya pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap aktivitas belajar kimia siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur dapat dilihat melalui uji MannWhitney U Test. Hasil perhitungan rata-rata aktivitas di setiap pertemuan diperoleh Zhitung = -4,21 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = -1,96, nilai Zhitung < - Ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 19:03
Last Modified: 11 May 2016 19:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4718

Actions (login required)

View Item View Item