PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEREMPUAN DALAM IKLAN PARFUM AXE DI TELEVISI (STUDI PADA MASYARAKAT DUSUN 3 KELURAHAN PAGARUYUNG KECAMATAN TAPUNG)

Vam Rionaldo Rozy, (2014) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEREMPUAN DALAM IKLAN PARFUM AXE DI TELEVISI (STUDI PADA MASYARAKAT DUSUN 3 KELURAHAN PAGARUYUNG KECAMATAN TAPUNG). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Televisi merupakan salah satu media penyampai informasi yang dapat mencakup khalayak yang cukup luas, mulai dari masyarakat perkotaan hingga masyarakat yang berada dipedesaan. Suguhan tayangan televisi pada saat sekarang ini pun sangat beraneka ragam, mulai dari Berita, Film, Iklan dan masih banyak lagi. Berbicara tentang televisi tentu saja tidak terlepas dengan yang namanya iklan. Iklan didalam media televisi disuguhkan dengan berbagai cara yang menarik, hal tersebut tentu saja bertujuan agar pemirsa yang melihatnya dapat tertarik untuk mengikuti isi pesan iklan didalamnya. Sehingga tidak jarang para pembuat iklan melalaikan bermacam-macam sisi iklan yang seharusnya tidak diperkenankan untuk ditayangkan. Dalam permasalahan diatas penulis tertarik meneliti salah satu iklan yang ada di televisi, yaitu iklan parfum axe. Menurut penulis isi iklan parfum axe yang tayang ditelevisi memiliki nilai tersendiri untuk diteliti, dimana didalam iklan tersebut melibatkan model perempuan yang dapat dikatakan tampil sedikit sexy. Dalam permasalahan diatas tentu saja akan menimbulkan sebuah persepsi yang berbeda-beda baik persepsi positif maupun negatif. Sehingga yang menjadi permasalahan ialah bagaimana persepsi masyarakat Dusun 3 Kelurahan Pagaruyung Kecamatan Tapung terhadap iklan parfum axe ditelevisi serta faktorfaktor yang mempengaruhinya. Adapun lokasi penelitian adalah di Kelurahan Pagaruyung Kecamatan Tapung. Subjek penelitian adalah seluruh masyarakat yang ada di Kelurahan Pagaruyung Kecamatan Tapung. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah persepsi masyarakat terhadap iklan parfum axe ditelevisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Dusun 3 Kelurahan Pagaruyung Kecamatan Tapung yang berusia 17 sampai 60 tahun yang berjumlah 138 atau 60,52% dari jumlah seluruh masyarakat Dusun 3 Kelurahan Pagaruyung Kecamatan Tapung yang berjumlah 228. Namun peneliti hanya mengambil 58 responden atau 41,76% dari jumlah populasi. Dimana 58 responden ini didapat dari rumus Slovin dengan mengambil Presisi 10%. Teori yang digunakan ialah teori agenda setting. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah dengan metode kuantitatif persentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan persepsi yang signifikan pada masyarakat Dusun 3 Kelurahan Pagaruyung Kecamatan Tapung terhadap perempuan iklan parfum axe ditelevisi, hal ini terlihat dari uji “t” pada setiap indikator yang diperoleh menunjukkan kesignifikannya dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat Dusun 3 Kelurahan Pagaruyung Kecamatan Tapung terhadap iklan parfum axe ditelevisi adalah faktor objek persepsi, usia responden, dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 11 May 2016 04:18
Last Modified: 11 May 2016 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4695

Actions (login required)

View Item View Item