Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI CHARADES (TEBAK KATA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Jusmaneli (2014) PENERAPAN STRATEGI CHARADES (TEBAK KATA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan Strategi Charades (tebak kata) di Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah strategi Charades (tebak kata) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains melalui Strategi Charades (tebak kata). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hanya 9 orang siswa atau 43% yang nilainya mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 65, untuk rata-rata kelas mencapai 61 dengan kategori “kurang” karena berada pada rentang dibawah 65. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 orang atau 61,5%, untuk nilai rata-rata kelas mencapai 70 dengan kategori “cukup” kareana berada pada rentang 65-70. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas lebih meningkat menjadi 17 orang siswa atau 81%, untuk nilai rata-rata kelas mencapai 76,1 dengan kategori “baik” karena berada pada rentang 71-84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Charades (tebak kata) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V di Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 02:08
Last Modified: 11 May 2016 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item View Item