PENERAPAN TEKNIK CEK KOSONG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 017 MERANGIN KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

Resti Amanah, (2014) PENERAPAN TEKNIK CEK KOSONG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 017 MERANGIN KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar dengan penerapan teknik cek kosong. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik cek kosong dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang yang terbagi atas 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik cek kosong untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 46,67% atau 7 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 9 orang atau ketuntasan hanya mencapai 60,00%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 13 orang siswa atau dengan persentase 86,67%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan teknik cek kosong, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 02:02
Last Modified: 11 May 2016 02:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4688

Actions (login required)

View Item View Item