PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MELALUI STRATEGI GUIDE TEACHING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 019 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Dariyus, (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MELALUI STRATEGI GUIDE TEACHING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 019 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar melalui Strategi Guided Teaching dimana pembelajaran tersebut ditemukan beberapa gejala atau fenomena diantaranya Anak kurang aktif pada mata pelajaran yang disajikan, hal ini terlihat dari kegiatan anak yang cenderung hanya diam mendengarkan guru berceramah.Selama proses pembelajaran berlangsung hanya sebagian kecil siswa yang mempunyai keinginan bertanya tentang materi pelajaran.Siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Adanya 8 orang siswa atau 36%dari jumlah siswa yang melamun ketika proses pembelajaran berlangsung. Adanya 10 orang siswa atau 52% dari jumah siswa yang bermain dengan temannya ketika proses pembelajaran. Hanya 5 orang siswa atau 26% dari jumlah siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.Kurangnya keingintahuan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, hal ini terlihat hanya 11 orang siswa atau 57% dari jumlah siswa yang paham dengan materi yang disampaikan oleh guru.Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Apakah Strategi Guide TeachingDapat Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar? Sebagai Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVSekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2012 / 2013, terdiri atas 24 orang siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 10 0rang perempuan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalahPenerapan Strategi Guided Teaching. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat motivasi sebelum diadakan tindakan berada pada posisi rendah dengan nilai 47,2%. Setelah diadakan siklus I dengan 2 kali pertemuan angka tersebut berubah naik menjadi 67,8% berada pada posisi “ Cukup Tinggi”. Sedangkan pada siklus II dengan 2 kali pertemuan ternyata motivasi siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kamparini ternyata naik lagi menjadi 80,9% bearada pada posisi “ Tinggi”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 01:19
Last Modified: 11 May 2016 01:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

View Item View Item