Wahyu Anhari (2014) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (292kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan siswa yang memperoleh dengan pembelajaran konvensional di SMPN 19 Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 19 Pekanbaru sebanyak 96 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa menggunakan pendekatan RME. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak tujuh kali pertemjan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan RME dan dua pertemuan lagi dilaksanakan pretest dan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh thitung = 2,42 ≤ ttabel = 2,021. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang memperoleh dengan pembelajaran konvensional di SMPN 19 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 May 2016 01:01 |
Last Modified: | 11 May 2016 01:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4679 |
Actions (login required)
View Item |