PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWASMA NEGERI 6 KUNDUR KABUPATEN KARIMUN PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Nurul afandi, (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWASMA NEGERI 6 KUNDUR KABUPATEN KARIMUN PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 6 Kundur antara siswa yang diterapkan Metode Pembelajaran Discovery dan Inquiry dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 6 Kundur antara siswa yang diterapkan Metode Pembelajaran Discovery dan Inquiry dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Kundur semester genap tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 204 siswa yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Pemahaman Konsep matematika siswa SMA Negeri 6 Kundur sebagai variabel terikat dan Metode Pembelajaran Discovery dan Inquiry sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas lima kali pertemuan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Discovery dan Inquiry dan satu pertemuan untuk mengadakan postest. Berdasarkan hasil dari perhitungan tes “t” diperoleh thitung = , dengan = 0,05 dan dk = 50 dari daftar distribusi t diperoleh ttable = 2,01. Maka diperoleh keputusan hipotesis nihil ditolak dan kelas kontrol yang berarti ada pengaruh Metode Pembelajaran Discovery dan Inquiry terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 6 Kundur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 00:49
Last Modified: 11 May 2016 00:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4677

Actions (login required)

View Item View Item