Addarwadi Omar (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELASXI IPA SMAN 2 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (116kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara pembelajaran atau metode yang kurang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang aktif atau kreatif dalam pembelajaran, salah satu metode agar siswa aktif dalam pembelajaran yaitu menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada pokok bahasan Struktur atom dan Sistem periodik unsur di Kelas XI. Penggunaan model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada pokok bahasan Struktur atom dan Sistem periodik unsur di Kelas XI IPA. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretest dan postest dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas yang terdiri dari kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang akan diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi Struktur atom dan Sistem periodik unsur di Kelas X, dokumentasi, pretest dan postest sebagai data akhir, untuk mengetahui homogen atau tidaknya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet, dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,29 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata gain ternormalisasi <N GAIN> hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,71 yang termasuk kategori tinggi, untuk kelas kontrol adalah 0,60 yang termasuk kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 May 2016 00:18 |
Last Modified: | 11 May 2016 00:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4672 |
Actions (login required)
View Item |