PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH PEKANBARU

Hafiz Qori, (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode Problem Based Instruction dalam pembelajaran Two Stay Two Stray dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode Problem Based Instruction dalam pembelajaran Two Stay Two Stray dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional di SMP Muhammadiyah Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Pekanbaru sebanyak 161 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan metode Problem Based Intruction dalam pembelajaran Two Stay Two Stray. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan metode Problem Based Instruction dalam pembelajaran Two Stay Two Stray dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji barlet untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan metode Problem Based Intruction dalam pembelajaran Two Stay Two Stray dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional di SMP Muhammadiyah Pekanbaru. Hal tersebut juga terlihat dari perbedaan rata-rata dua kelas, rata-rata kelas eksperimen adalah 77,366 dan rata-rata kelas kontrol 83,416.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 18:57
Last Modified: 10 May 2016 18:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4659

Actions (login required)

View Item View Item