HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR FIQIH DAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

Rahmat Fauzi Lubis, (2014) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR FIQIH DAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas motivasi belajar fiqh, kualitas pengamalan ibadah shalat siswa dan hubungan motivasi belajar fiqih terhadap pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah: bagaimana kualitas motivasi belajar fiqh di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru? bagaimana kualaitas pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru? dan apakah terdapat hubungan motivasi belajar fiqih terhadap pengamalan ibadah shalat siswa di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru? Penelitian ini merupakan penelitian survai dengan pendekatan ekspost facto yakni suatu teknik yang dirancang untuk mengetahui seberapa besar koefisien hubungan antara variabel bebas dan terikat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B III dan VIII B IV yang berjumlah 50 orang dan objek penelitian ini adalah hubungan motivasi belajar fiqih dengan pengamalan ibadah shalat siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata 50,47 dengan persentase sebesar 64,35%, dan kualitas pengamalan ibadah shalat diperoleh rata-rata 49,22 dengan persentase sebesar 62,75%. Dengan demikian, dapat dikemukakan bahwa secara umum berada pada kategori yang Tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa dengan pengamalan ibadah shalat dengan kontribusi sebesar 9,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 18:43
Last Modified: 10 May 2016 18:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4653

Actions (login required)

View Item View Item