Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang

Muhammad Zulfan, - (2021) Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap Kecuali BAB IV dan V M. Zulfan.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan V)
BAB IV dan V M. Zulfan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Zulfan, (2021): Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan interaksi model pembelajaran kontekstual yang ditinjau dari minat belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang di Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Tambang tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah (two way anova). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Hal ini dapat dilihat dari nilai F_hitung>F_tabel atau 23,43>4,00 pada taraf signifikan 5%,, yang berarti H_a diterima dan H_o ditolak. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki minat belajar siswa tinggi, sedang dan rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai 〖F(B)〗_hitung>〖F(B)〗_tabel atau 40,45>3,15 pada taraf signifikan 5%, yang berarti H_a diterima dan H_o ditolak. 3) Tidak terdapat interaksi penerapan model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai 〖F(AxB)〗_hitung<〖F(AxB)〗_tabel atau 0,47<3,15yang berarti H_o diterima dan H_a ditolak. Dengan demikian secara umum pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 3 Tambang yang ditinjau dari minat belajar siswa. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:53
Last Modified: 24 Feb 2021 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46307

Actions (login required)

View Item View Item