Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KECELAKAAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WHY BECAUSE ANALYSIS (WBA) DAN TECHNIQUE OF OPERATING REVIEW (TOR) PADA CV. JAZILA TEKNIK TAPI SELO-LINTAU

Hamdika Perdana, - (2021) ANALISIS KECELAKAAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WHY BECAUSE ANALYSIS (WBA) DAN TECHNIQUE OF OPERATING REVIEW (TOR) PADA CV. JAZILA TEKNIK TAPI SELO-LINTAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali BAB Hasil Penelitiaan (Bab IV) Revisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file BAB Hasil Penelitian (Bab IV) Revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di dalam pembuatan produk pada CV. Jazila Teknik tentunya menggunakan tenaga manusia dan mesin, Ini bisa berakibat buruk terhadap pekerjaan yang akan dilakukan jika terus menerus melakukan pekerjaan tanpa alat pelindung diri yang sesuai,dan mengganggu hasil produksi perusahaan tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan APD untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja pada saat pekerjaan sedang berlangsung. Faktor yang mempengaruhi kecelakaan kerja seperti manusia itu sendiri, peralatan yang ada di lingkungan kerja dan juga SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang terdapat pada lingkungan kerja. Sistem manajemen K3 juga dinyatakan dalam undang-undang tenaga kerja yang baru disahkan (UU No.13/2003), yaitu pada pasal 86 dan pasal 87. Pada pasal 86 . Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi atau mengklasifikasi jenis kecelakaan kerja dan menganalisis tindakan beserta solusi pencegahan berdasarkan jenis kecelakaan.kerja. pada penelitian ini menggunakan metode Why Because Analysis (WBA) untuk mengidentifikasi kecelakaan dan menggunakan metode Technique of Operating Review (TOR) untuk mengkerucutkan permasalahan yang lebih kompleks. Hasil analisis pada penelitian ini diperoleh bahwa harusnya CV. Jazila Teknik lebih memperhatikan kembali keselamatan dan kesehatan pekerja dengan menerapkan usulan perbaikan agar dapat mencegah kecelakaan dengan cara membuat standar operasional prosedur dan pengingat dalam bentuk Display. Kata kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja, TOR, WBA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:42
Last Modified: 24 Feb 2021 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46287

Actions (login required)

View Item View Item