Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS BUDAYA ORGANISASI TERHADAP SISTEM REPOSITORY PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU MENGGUNAKAN METODE OCAI DAN DELONE & MCLEAN

YULIA NINGSIH, YULIA (2021) ANALISIS BUDAYA ORGANISASI TERHADAP SISTEM REPOSITORY PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU MENGGUNAKAN METODE OCAI DAN DELONE & MCLEAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. BAB I, BAB II, BAB III, BAB V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text
2. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Budaya organisasi merupakan seperangkat asumsi, keyakinan, nilai, dan presepsi yang dimiliki oleh anggota kelompok dalam suatu organisasi. Salah satu sumber budaya organisasi yaitu timbul karena perkembangan teknologi. Perpustakaan Uin Suska Riau saat ini telah menggunakan Sistem Repository, yaitu sistem yang mengahimpun dan melestarikan koleksi digital hasil karya intelektual dari sebuah organisasi. Agar penggunaannya sejalan dengan visi dan misi Perpustakaan maka budaya organisasi sangat penting untuk diketahui oleh karena itu dilakukan pengukuran budaya organisasi terhadap sistem repository menggunakan metode OCAI dan Delone & Mclean. Rumus slovin digunakan untuk mencari sample dengan teknik accidental sampling yaitu teknik pengambilan sample berdasarkan dari ketersediannya elemen. Pengukuran budaya organisasi dengan OCAI menggunakan Competing Value framework (CVF) dengan hasil budaya organisasi saat ini yang dominan adalah Hirarchy dengan nilai rata-rata 2.72 dan budaya organisasi yang diharapakan adalah Market dengan nilai rata-rata 2,56. Dimana Budaya organisasi hirarchy merupakan budaya organisasi yang sangat formal dan terstruktur dalam bekerja dan memiliki aturan yang ketat dalam bekerja, Sementara Budaya organisasi Market adalah budaya organisasi yang fokus pada peluang dan keuntungan diamana organisasi yang menerapkanya budaya organisasi ini sangat fokus pada tujuan yang sudah ditetapkan. Sedangkan pengukuran efektifitas penggunaan sistem repository menunjukan bahwa hubungan nilai koefisien jalur 0.408 dengan nilai T sebesar 6.571 lebih besar dari nilai T tabel (1.96) dan nilai uji R squere keefektivan pengguna termasuk dalam kategori lemah dengan persentase sebesar 0.15 di jelaskan variabelitas Budaya Organisasi. Hal ini menunjukan bahwa pada saat ini di Perpustakaan Uin Suska Riau (pengguna sistem Repository) merasa efektif dala penggunaan sistem Repository.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Feb 2021 14:52
Last Modified: 24 Feb 2021 14:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46285

Actions (login required)

View Item View Item