MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROMPTING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 SEROSAH KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Weti Kusmadansi, (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROMPTING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 006 SEROSAH KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitiani ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi koperasi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi melalui model pembelajaran Prompting, yang dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Koperasi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singing. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran prompting dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi koperasi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi tahun pelajaran 2010- 2011 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Prompting untuk meningkatkan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 53,0%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I hanya mencapai 64,7% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Cukup Tinggi” karena 64,7% berada pada rentang 56-75%. Artinya aktivitas belajar siswa belum mencapai 75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 78,3% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Tinggi” karena 78,3% berada pada rentang 76-100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui model pembelajaran Prompting dapat meningkatkan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi koperasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 006 Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 17:09
Last Modified: 10 May 2016 17:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item View Item