Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU

ROBERTO SINAGA, - (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Roberto Sinaga (2021): Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas XII IIS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa di kelas XII IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IIS di SMA Negeri 7 Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap minat belajar siswa kelas XII IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IIS yang berjumlah 173 siswa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa, pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru sebesar 80,98% termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan minat belajar siswa sebesar 77,64 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa yang terbukti dari nilai thitung (11,229) > ttabel (2,020) atau signifikansi (0,000 < 0,05) yang berarti Hα diterima dan Ho ditolak. Hal ini dapat dilihat dari persentase pengaruh variabel kompetensi pedagogik terhadap minat belajar adalah sebesar 75,5%. Sedangkan sisanya 24,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Pengaruh, Kompetensi Pedagogik, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:34
Last Modified: 24 Feb 2021 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46167

Actions (login required)

View Item View Item