Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI SISWA BARU SMPIT MADANI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN PROFILE MATCHING

Zul Ismal, - (2021) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI SISWA BARU SMPIT MADANI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN PROFILE MATCHING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
watermark.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
watermark-60-175.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) MADANI merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak yatim dan kaum dhuafa agar tetap dapat menikmati pendidikan berkualitas tanpa dibebani biaya. Sebagaimana sekolah pada umumnya setiap awal tahun ajaran baru SMPIT MADANI mengadakan seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB). Seleksi tersebut dilakukan dengan ketat dan memerlukan banyak pertimbangan dengan kriteria-kriteria khusus dan rangkaian tes yang dilakukan. Dengan proses diatas terkadang pihak panitia PPDB merasa keliru dalam menilai calon siswa yang akan diterima. Dengan proses tersebut terkadang pihak panitia PPDB merasa keliru dalam menilai calon siswa yang akan diterima. Mengingat pentingnya proses ini, harus dilakukan dengan baik dan benar supaya menghasilkan pemilihan siswa yang tepat sasaran, berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan, maka perlu dibuat sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Profile Matching. Metode AHP digunakan untuk menentukan bobot setiap kriteria dan metode Profile Matching digunakan untuk menentukan nilai akhir. Penilaian dilakukan berdasarkan beberapa kriteria yakni keadaan ekonomi & keluarga, akademis dan akhlaq & perilaku. Hasil akhir dari sistem ini merupakan ranking calon siswa sebagai rekomendasi kelulusan. Metode AHP dan Profile Matching dapat diimplementasikan dalam sebuah sistem pendukung keputusan seleksi siswa baru. Berdasarkan pengujian User Acceptence Test, dengan metode likert menghasilkan rata-rata indeks sebesar 83,5% termasuk kedalam kategori sangat bagus dan dapat diterima dengan baik yang dapat merekomendasikan calon siswa yang berhak mendapat program sekolah bebas biaya pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Feb 2021 09:13
Last Modified: 23 Feb 2021 09:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46126

Actions (login required)

View Item View Item