Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-HUSAIN MUARA JAYA ROKAN HULU

Qori’ Febriani Hafidoh, = (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-HUSAIN MUARA JAYA ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)

Abstract

Qori’ Febriani Hafidoh, (2020): PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-HUSAIN MUARA JAYA ROKAN HULU Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema peduli terhadap lingkungan di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Husain Muara Jaya melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam peneltian ini yaitu 1 orang guru dan 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa hal ini dapat diketahui dari keterampilan berbicara siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 52,02 atau berada pada kategori sangat tidak baik. Kemudian pada siklus I keterampilan berbicara siswa mencapai dengan rata-rata sebesar 62,05 atau berada dalam kategori tidak baik. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa semakin meningkat dengan rata-rata sebesar 79 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Husain Muara Jaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, Keterampilan Berbicara Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Feb 2021 01:54
Last Modified: 22 Feb 2021 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/45641

Actions (login required)

View Item View Item