PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Siti Sarah Hasibuan, (2014) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh signifikan minat belajar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah: Apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu: variabel X (minat belajar) dan variabel Y (aktivitas belajar siswa). Untuk mengetahui kedua data itu penulis menggunakan angket dan dokumentasi. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif minat belajar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru, artinya semakin tinggi minat belajar siswa, semakin baik pula aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru.Tingkat pengaruh variabel minat belajar (X) terhadap aktivitas belajar (Y) berada pada kategori kuat yaitu 0,797. Sedangkan koefisien determinasi R (Square) adalah 63,4% yang berarti kontribusi minat belajar terhadapa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 63,4%, dan selebihnya ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 May 2016 01:08
Last Modified: 08 May 2016 01:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4506

Actions (login required)

View Item View Item