PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ASSESSMENT SEARCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 002 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Aprimadona, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ASSESSMENT SEARCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 002 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran assessment search untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan strategi pembelajaran assessment search dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamtan Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 29 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran assessment search dapat meningkatkan hasil belajar kelas IPA. Variabel dalam penelitian ini yaitu: (X) sebagai Penerapan strategi pembelajaran assessment search,, dan (Y) sebagai hasil belajar IPA, sedangkan teknik pengupulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Observasi, teknik tes, dan teknik dokomentasi Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus empat kali pertemuan. Satu pertemuan pra tindakan dan untuk masing-masing siklus dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan atau persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan alam Penerapan strategi pembelajaran assessment search, di hasil belajar sebelum dilakukan tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 38,48% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas belum juga meningkat menjadi 14 orang siwa atau ketuntasan hanya mencapai 46,27%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 25 oarang siswa atau dengan persentase 86,20%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran assessment search dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 May 2016 00:25
Last Modified: 08 May 2016 00:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4496

Actions (login required)

View Item View Item