PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Eti Darmaini, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dikelas. Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode diskusi merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Tambang tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 884 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.3 dan X.4, di mana kelas X.4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode diskusi dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dari hasil tes akhir terlihat adanya perbedaan dari mean kelas eksperimen dan kontrol. Kelas experimen mendapatkan nilai rata-rata 76,72 dimana kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 69,93. Perbandingan nilai thitung adalah 2,12 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 2,12 > 2,00 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan metode diskusi dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 May 2016 23:46
Last Modified: 07 May 2016 23:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4486

Actions (login required)

View Item View Item