Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar

Wardatun Aila, - (2020) Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)

Abstract

ABSTRAK Wardatun Aila, (2020): Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 63 orang siswa yang tebagi kedalam 2 kelas IX IPS 1 dan 2. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Metode sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil pengujian statistik dengan SPSS pada variabel pemberian penguatan verbal diperoleh nilaithitung = 30,827 > t = 1,999 dan sig = 0,000 < 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti pemberian penguatan verbal memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Nilai R product moment yang dihasilkan sebesar 0,720 menjelaskan terdapat pengaruh yang kuat, pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran yang dihasilkan sebesar 51,9% menjelaskan bahwa besar pengaruh pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar sebesar 48,1% sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan di dalam penelitian ini. tabel Kata Kunci: Pemberian Penguatan Verbal, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:56
Last Modified: 22 Feb 2021 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44772

Actions (login required)

View Item View Item