SITI FAUZIAH PRIHATINI, - (2020) PERAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Fauziah Prihatini (2020) : Peran Mind Mapping dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mind mapping dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Latar belakang penelitian ini adalah daya ingat siswa yang kurang dalam pembelajaran dengan penerapan teknik mencatat biasa atau tradisional yang kurang mampu meningkatkan daya ingat siswa, proses pembelajaran belum berpusat pada siswa, dan guru belum maksimal dalam membimbing kelompok belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS 1 di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah peran mind mapping dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran ekonomi. Informan penelitian ini ada 36 siswa sebagai informan kunci untuk observasi dan tes, 3 siswa diantaranya untuk wawancara, dan satu orang guru sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa peran mind mapping dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru mencapai persentase sebesar 74,16% untuk aktivitas siswa tergolong ke dalam kategori “Baik” karena berada pada rentang pengkategorian 61%-80%. Kegiatan siswa dalam meningkatkan daya ingat dengan menggunakan mind mapping pada catatan adalah: mendengarkan guru sambil menuliskan materi yang dijelaskan oleh guru, saling mendengarkan dalam menjelaskan mind mapping bersama teman sekelompok dan menambahkan materi yang masih kurang, menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman sekelompok secara acak, dan menjawab pertanyaan dari guru. Dengan demikian siswa mampu mengingat materi yang telah dicatat dengan teknik mencatat yaitu mind mapping. Kata Kunci: Peran Mind Mapping, Meninggkatkan Daya Ingat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 04:15 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 04:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44766 |
Actions (login required)
View Item |