Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN KEBERSYUKURAN DENGAN KEBAHAGIAAN PADA REMAJA DALAM KELUARGA BERKARIER (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 8 PEKANBARU)

ORELLA RACHMARAISSA, - (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN KEBERSYUKURAN DENGAN KEBAHAGIAAN PADA REMAJA DALAM KELUARGA BERKARIER (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 8 PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
COVER WATERMARK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER-BAB123 WATERMARK 56.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV WATERMARK 56 persen.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Fenomena keluarga berkarier menyebabkan waktu bersama antara keluarga dan anak lebih terbatas yang mana hal ini dapat berdampak pada kebahagiaan anak. Dalam perkembangannya, remaja membutuhkan dukungan sosial dari orangtua, kerabat, dan teman sebaya serta memiliki rasa kebersyukuran yang dapat menciptakann kebahagiaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan dukungan sosial dan kebersyukuran dengan kebahagiaan pada remaja dalam keluarga berkarier. Sampel penelitian adalah 107 siswa SMA Negeri 8 Pekanbaru (31 laki-laki, 76 perempuan) yang diperoleh dengan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian meliputi kuesioner yang dimodifikasi; The PERMA-Profiler (Butler and Kern, 2016), MOS Social Support Survey (Sherbourne dan Stewart, 1991), dan Skala Bersyukur Indonesia (Listiyandini, Nathania, Syahniar, Sonia, dan Nadya, 2015). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa dukungan sosial dan kebersyukuran secara bersama-sama memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan kebahagiaan (R=0.563; F=24.078; p=0.000). Kebersyukuran diketahui memiliki kontribusi yang lebih besar (b=0.567) daripada dukungan sosial (b=0.253) terhadap kebahagiaan. Hasil analisis independent t-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kebahagiaan, dukungan sosial, dan kebersyukuran terhadap jenis kelamin. Namun berdasarkan hasil analisis One-Way ANOVA remaja yang lahir pada urutan ke-3 memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Kata Kunci: Kebahagiaan, Dukungan Sosial, Kebersyukuran, Remaja, Keluarga Berkarier

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:24
Last Modified: 18 Feb 2021 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44660

Actions (login required)

View Item View Item