Elfira Oktarina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KELILING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 pada pokok bahsan hidrokarbon yang masih rendah dan bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik Keliling Kelompok di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan waktu pengambilan data mulai dari tanggal 14-30 Mei 2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang dipilih setelah dilakukan uji homogenitas. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan Model pembelajaran teknik Keliling Kelompok dan satu pertemuan untuk postest. Untuk melihat peningkatan prestasi belajar kimia siswa dilakukan uji t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung 4,19 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 1,67, maka thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Teknik Keliling Kelompok di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Dimana peningkatan Prestasi belajar siswa dengan N-gain ternormalisasi didapat 0,63 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol didapat N-gain ternormalisasi sebesar 0,47 pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 May 2016 18:19 |
Last Modified: | 04 May 2016 18:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4439 |
Actions (login required)
View Item |