PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

M. Ali Murtado, (2014) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru?, dan seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru? Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang mengikuti bimbingan belajar, Sedangkan menjadi objek penelitian ini adalah pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis regresi linier dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0 Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa bimbingan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hasil ini berdasarkan nilai thitungnya adalah sebesar 3.736 lebih besarttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2.02 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 2.72 atau t hitung > ttabel (2.02 < 3.736 > 2.72). Adapun besar pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 26.9% Sedangkan sisanya sebesar 73.1% (100%-26.9%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 17:58
Last Modified: 04 May 2016 17:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4431

Actions (login required)

View Item View Item