Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ASISTENSI DALAM KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BINUANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Erlina (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ASISTENSI DALAM KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 BINUANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV SD Negeri 005 Binuang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran asistensi dalam kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata ilmu pengetahuan alam di kelas IV SD Negeri 005 Binuang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 005 Binuang tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang, laki-laki berjumlah 10 orang dan perempuan berjumlah 11 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran asistensi dalam kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah persentase untuk mengolah data yang terkumpul melalui observasi. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil ulangan pada setiap siklus pelaksanaan tindakan dengan menggunakan rumus hasil belajar individu dan ketuntasan klaksikal. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hanya 9 orang siswa (42,86%) yang nilainya mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, untuk rata-rata mencapai 59,05 dengan kategori “rendah”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 meningkat hingga 14 orang siswa (66,67%), untuk nilai rata-rata mencapai 73,33 dengan kategori “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat hingga mencapai 17 orang siswa (80,95%) yang memperoleh nilai ≥ 65, untuk rata-rata mencapai 81,90 dengan kategori “tinggi”. Keadaan ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran asistensi dalam kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV SD Negeri 005 Binuang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 17:50
Last Modified: 04 May 2016 17:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4428

Actions (login required)

View Item View Item