KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU

MadayansyahTambunan, (2014) KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan secara umum bahwa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kurang diminati oleh peserta didik sehingga perolehan nilai mereka masih ada sebagian yang tergolong rendah. Hal ini dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut: 1. Masih ada sebagian siswa yang kurang tepat dalam mengerjakan tugas yang diberikan, 2. Nilai sebagian siswa masih rendah dalam mengerjakan ulangan, 3. Masih ada sebagian siswa yang tidak bias menjawab ketika diberikan pertanyaan. Melihat kondisi di atas , maka penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan Aspek Kognitif Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Jurusan Teknik Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagamanakah kemampuan aspek kognitif siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam pada jurusan teknik otomotif SMK Taruna Pekanbaru? 2) Apakah Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan aspek kognitif siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada jurusan teknik otomotif SMK Taruna Pekanbaru? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa jurusan otomotif pada SMK Taruna Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah Kemampuan aspek kognitif siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMK TarunaPekanbaru. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Aspek Kognitif Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Jurusan Tehnik Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Pekanbaru tergolong “Kuat/Baik”secara kuantitatif persentase diperoleh skor 62,13%. Baiknya kemampuan aspek kognitif siswa dalam proses pembelajaran di pengaruhi oleh beberapa Faktor, yaitu: 1) Faktor Guru yang mendukung 2) Faktor Lingkungan yang nyaman 3) Faktor Instrumental yang mendukung 4) Faktor fisiologis danpsikologis yang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 09:55
Last Modified: 04 May 2016 09:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item