PERILAKU MALADAPTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Yesti Kumala Sary, (2011) PERILAKU MALADAPTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201160-.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk perilaku maladaptif dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru, (2) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku maladaptif dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru, (3) Untuk mengetahui usaha guru pembimbing mengatasi perilaku maladaptif dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terlibat perilaku maladaptif dan obyeknya adalah perilaku maladaptif dalam proses pembelajaran siswa kelas Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi dan wawancara. Data observasi dianalisa dengan teknik kuantitaf kemudian disimpulkan secara kualitatif dan data wawancara dianalisa dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku maladaptif dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru adalah bentuk perilaku siswa menyontek saat belajar jawaban “ya” berjumlah 39 kali dengan persentase 195% dan jawaban “Tidak” 21 kali dengan persentase 105%. Temuan mengenai faktor-faktor penyebab perilaku maladaptif dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru ada tiga faktor yaitu; lingkungan sekolah, lingkungan sosial dan lingkungan keluarga dan usaha guru pembimbing mengatasi perilaku maladaptif dalam proses pembelajaran siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru diawali dengan melakukan studi kasus dengan melihat catatan poin kesalahan siswa, absen kelas dan laporan dari guru kemudian baru dibuat program mengenai perilaku maladaptif dalam pelaksanaannya guru pembimbing memberikan layanan sesuai dengan kondisi siswa yaitu layanan orientasi, informasi untuk mencegah terjadinya perilaku maladaptif siswa dan layanan konseling individual untuk mengatasi perilaku maladaptif yang sedang terjadi pada siswa. Setelah layanan tersebut diberikan guru pembimbing mengadakan evaluasi dengan meninjau kembali catatan poin kesalahan siswa dan absen kelas. Layanan tersebut ditindaklanjuti dengan kegiatan pendukung yaitu kegiatan kunjungan rumah dan dilengkapi juga dengan berkomunikasi dan bekerja sama dengan pihak sekolah termasuk wali murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:54
Last Modified: 06 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item