Rizki Aldi (2014) ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI DAN POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pelanggan Sepeda Motor Merek Honda Di Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Semakin ketatnya persaingan di antara perusahaan pabrikan motor pada industri sepeda motor di Indonesia menyebabkan terjadinya penurunan pelanggan dan tingkat pembelian produk. Hal ini juga dialami oleh PT Astra Honda Motor pada produk sepeda motornya sebagai market leader di industri sepeda motor. Untuk kembali memperoleh lebih banyak pelanggan baru dengan tetap mempertahankan pelanggan lama, serta memperoleh tingkat pembelian motor. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan keputusan pembelian pelanggan, karena keputusan pembelian adalah faktor utama dalam peningkatan penjualan dan profitabilitas perusahaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan diferensiasi dan positioning sebagai variabel independen yang akan diteliti bagaimana pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, diperoleh data dari penyebaran kuesioner terhadap 100 pelanggan sepeda motor Honda di Pekanbaru, yang diperoleh dengan accidental sampling, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,596 yang berarti bahwa keputusan pembelian pengaruhnya dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam penelitian ini yaitu diferensiasi dan positioning sebesar 59,6%, dan sisanya yaitu 40,4% % dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan dimana diferensiasi memiliki pengaruh besar terhadap keputusan pembelian dibanding variabel lain dalam penelitian ini, sedangkan variabel positioning memiliki pengaruh lebih kecil terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama, variabel diferensiasi dan positioning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keputusan pembelian dapat dilakukan dengan cara meningkatkan strategi differensiasi dan positioning. Kata kunci: Diferensiasi, Positioning, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 04 May 2016 06:02 |
Last Modified: | 04 May 2016 06:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4328 |
Actions (login required)
View Item |