Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN BIAYA CORRECTIVE DAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA MESIN CRACK BREAKER CONVEYOR DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V SEI PAGAR

Hafiz Awaldy, - (2021) PERBANDINGAN BIAYA CORRECTIVE DAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA MESIN CRACK BREAKER CONVEYOR DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V SEI PAGAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hafiz Awaldy (2021) : PERBANDINGAN BIAYA CORRECTIVE DAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA MESIN CRACK BREAKER CONVEYOR DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V SEI PAGAR PT Perkebunan Nusantara V Sei Pagar merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan kelapa sawit. Masalah yang sering terjadi pada perusahaan ini adalah proses produksi yang terhenti diakibatkan tingginya frekuensi kerusakan pada stasiun press dan breakdown pada mesin crack breaker conveyor yaitu 98 kali dan downtime 3,25 jam. Downtime mesin menyebabkan perusahaan hanya mampu mencapai produksi crude palm oil tertinggi 16.963.260 kg/ bulan dari target yang telah ditentukan dimana kapasitas produksi mesin mencapai 30 Ton/ jam. Berdasarkan hasil evaluasi awal, sistem perawatan yang bersifat maintenance corrective atau perawatan dilakukan ketika kerusakan mesin telah terjadi merupakan sistem perawaran yang belum efisien. Penelitian ini bertujuan menetukan perbandingan biaya perawatan antara kondisi corrective maintenance dan preventive maintenance yang menghasilkan biaya minimum dengan metode proyeksi biaya perawatan berdasarkan nilai MTTF yang didapatkan dari pembangkitan bilangan acak mengunakan simulasi Monte Carlo dan digunakan untuk menentukan penjadwalan perawatan komponen kritis mesin crack breaker conveyor yaitu bearing, universal joint, Pen, dan batang koling. Hasil yang diperoleh dari perhitungan biaya perawatan adalah komponen yang mengunakan biaya perawatan secara corrective maintenance dan preventive maintenance pada mesin crack breaker conveyor. Hasil yang diperoleh dari penetuan strategi untuk perawatan mesin crack breaker conveyor yaitu perawatan dengan corrective maintenance menghasilkan biaya Rp 6.339.200,-. Sedangkan biaya perawatan secara preventive maintenance yaitu Rp 4.106.400,-. Pengujian ini menunjukan bahwa strategi perawatan mesin crack breaker conveyor dengan cara preventive maintenance dapat meningkatkan efisiensi biaya perawatan mesin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:52
Last Modified: 17 Feb 2021 06:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42807

Actions (login required)

View Item View Item